Minggu, 07 September 2008

artikel

Puasa, Persikota Istirahat Total

Minggu, 07 September 2008 09:33
Kapanlagi.com - Pelatih kesebelasan Persikota Tangerang, Banten, melakukan istirahat total selama puasa, karena dalam jadwal kompetisi Liga Indonesia (LI) 2008 tidak ada pertandingan melawan tim lain sehingga latihan dihentikan sementara.

"Para pemain disuruh istirahat dan dilanjutkan latihan setelah lebaran sesuai jadwal pertandingan LI 2008," kata asisten pelatih Persikota, Agus Suryanto dihubungi, Sabtu.

Dia mengatakan, bila ada pemain yang latihan ringan selama puasa, hal itu merupakan keinginan pribadi yang tidak ada paksaan dari pengurus.

Selama istirahat itu para pemain pulang ke rumah masing-masing untuk menjalani ibadah Ramadan dan mereka tidak menginap di mes yang biasanya.

Sedangkan mes pemain yang terletak di kawasan Sewan, Kota Tangerang itu tampak sepi dan hanya dihuni beberapa atlet muda hasil pembinaan dari Persikota Junior.

Menurut dia, meski secara remi tidak latihan, tapi disarankan agar pemain melakukan latihan ringan demi menjaga fisik menghadapi kompetisi berikutnya tidak menjadi loyo.

Para pemain pilar seperti Taryana Sopandi, Rolando Koibur, Zainal Anwar, Aji Mustopa memberi kabar bahwa mereka berlatih di rumah masing-masing meski dalam kondisi puasa.

Belakangan ini diberitakan pengurus Persikota optimis para pemain yang telah dikontrak untuk satu musim kompetisi LI 2008 tetap bertahan meski saat ini pihak manajemen mengalami kendala keuangan.

Sekretaris Persikota, HM Syamtani mengatakan keyakinan bahwa para pemain masih tetap betah membela tim walau saat ini kondisi keuangan dalam keadaan minim untuk membiayai kompetisi.

Para pemain yang sudah dikontrak tidak punya keinginan untuk pindah pada kesebelasan lain karena pembinaan manajemen dilakukan sejak lama terhadap pemain muda berbakat.

Namun begitu, kendala keuangan tidak hanya dirasakan oleh tim Persikota melainkan mayoritas kesebelasan yang menggunakan dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) daerah masing-masing terkait adanya peraturan pemerintah.

Dalam Permendagri No. 13 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah bila dana itu dimanfaatkan untuk kepentingan sepak bola, dikhawatirkan akan dapat terjerat korupsi maka perlu dilakukan revisi. (*/roc)

Persikota Permalukan Timnas Selandia Baru

Persikota Tangerang sukses mengadaskan timnas Selandia Baru 2-0 dalam ujicoba di Stadion Benteng, Tangerang, kemarin.

Oleh Yuslan Kisra

Selandia Baru yang dijadwalkan bertemu timnas Indonesia dalam laga ujicoba internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (24/7) mendatang, ternyata tidak ada apa-apanya.

Terbukti, melawan tim divisi utama Persikota Tangerang saja mereka tidak mampu berbuat banyak. Tim besutan pelatih Stuart Jacobs ini dipermak 2-0 dalam ujicoba di Stadion Benteng, Tangerang, kemarin.

Parahnya, karena tim Selandia Baru dikalahkan mayoritas pemain lapis dua Persikota dan hanya sepuluh pemain, menyusul dikartu merahnya Tomi Oropka sejak menit ke-48, setelah mendapat kartu kuning kedua.

Adalah striker Mustofa Aji yang memborong dua gol untuk Persikota pada menit ke-17 memanfaatkan kemelut di depan gawang Selandia Baru, serta memanfaatkan bola muntah dari tendangan keras Fabio Lopez pada menit ke-74.

Meski kalah, pelatih Selandia Baru Stuart Jacobs mengaku cukup puas dengan penampilan anak asuhnya. Menurutnya, laga tersebut tidak lebih sebagai pemanasan sebelum menjamu timnas Indonesia, dan tampil di Olimpiade Beijing, Agustus nanti.

Tidak ada komentar: